Formulir Kontak

 

ARSITEKTUR BERWAWASAN LINGKUNGAN

PENGERTIAN

Pembangunan yang berwawasan lingkungan adalah upaya sadar dan berencana menggunakan dan mengelola sumber daya secara bijaksana dalam pembangunan yang terencana dan berkesinambungan untuk meningkatkan mutu hidup. Terlaksananya pembangunan berwawasan lingkungan dan terkendalinya pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana merupakan tujuan utama pengelolaan lingkungan hidup.

Pembangunan yang berwawasan lingkungan atau pembangunan berkelanjutan memiliki ciri-ciri tertentu, yaitu adanya saling keterkaitan beberapa sektor, antara lain lingkungan dan masyarakat serta kemanfaatan dan pembangunan.

Ciri-ciri pembangunan yang berwawasan lingkungan adalah sebagai berikut :
1. Pembangunan yang dilaksanakan tidak terjadi atau mampu meminimalkan kerusakan dan pecemaran lingkungan.
2. Pembangunan yang dilaksanakan memerhatikan antara lingkungan fisik dan lingkungan emosi.
3. Pembangunan yang dilaksanakan mampu mengendalikan pemanfaatan sumber daya alam secara efektif, efisien, dan bijaksana.
4. Pembangunan yang dilaksanakan mendasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan serta memerhatikan moral atau nilai-nilai adat yang dianut dalam masyarakat.
5. Pembangunan yang dilakukan harus memiliki sifat-sifat fundamental dan ideal serta berjangka pendek dan panjang.
6. Pembangunan yang dilaksanakan mampu memerluas lapangan dan kesempatan kerja.
7. Pembangunan yang dilaksanakan harus mampu melakukan pemerataan atau keseimbangan kesejahteraan rakyat.
8. Pembangunan yang dilakukan harus mampu melakukan pemerataan atau keseimbangan kesejahteraan hidup antaragolongan dan antardaerah.
9. Pembangunan yang dilaksanakan dalam tingakt laju pertumbuhan ekonomi nasional yang tinggi.
10. Pembangunan yang dilakukan harus berpedoman untuk selalu mempertahankan stabilitas politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan nasional.

Metode dan Teknik Perencanaan Lingkungan
Metode yang dugunakan dalam perencanaan lingkungan pada dasarnya tidak berbeda dengan metode yang digunakan pada perencanaan yang lain. Pokok-pokok yang menjadi fokus analisis dalam perencanaan akan muncul pada seluruh tahapan proyek dan bervariasi menurut tingkatan kerumitannya.
Pada tahap awal, biasanya berkaitan dengan persoalan rekayasa, keamanan dan kesehatan yang diketahui atau diharapkan. Selanjutnya proses tersebut akan menjadi lebih analitis, karena pokok persoalan yang muncul berkaitan dengan pengujian prosedur perencanaan dan desain. Pendekatan yang digunakan memang bervariasi. Pendekatan ini pada umumnya mencakup pemeriksaan lapangan. Setelah itu, disertai usaha untuk mendapatkan ukuran lapangan. Data tersebut diperoleh dari data sekunder, seperti peta topografi, peta tanah, keadaan cuaca.
Pengelolahan pembangunan yang berwawasan lingkungan harus mendasarkan pada pelestarian kemampuan lingkungan yang serasi dan seimbang guna menyokong pembangunan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan seluruh rakyat.

contoh bangunan:



Austin, Texas, AS
Austin siap untuk menjadi No 1 solar pusat manufaktur di AS, dan utilitas kampung nya, Austin Energi , telah memberikan gagasan menarik listrik dari matahari pelukan Texas berukuran. Kota ini dalam perjalanan untuk memenuhi 20 persen dari kebutuhan listriknya melalui penggunaan energi terbarukan dan efisiensi pada tahun 2020. Austin juga mencurahkan 15 persen lahan untuk taman dan ruang terbuka lainnya, menawarkan 32 mil dari jalur sepeda, dan memiliki ambisius inisiatif pintar-pertumbuhan , membuatnya menjadi hijau sudut bahagia dalam apa yang secara luas dianggap sebagai negara yang tidak begitu hijau. Untuk membuatnya lebih ringan.



contoh transportasi 




Texas jalan raya telah di berat bepergian sejak tahun 1948 awal mereka dengan beberapa mil dari Houston 's Teluk Freeway , dan sering dalam pembangunan untuk memenuhi tuntutan pertumbuhan berkelanjutan. Pada 2005, ada 79.535 mil dari jalan raya umum di Texas (naik dari 71.000 pada tahun 1984). Texas Departemen Perhubungan (TxDOT) perencana telah mencari cara untuk mengurangi jam sibuk kemacetan, terutama melalui Tinggi hunian kendaraan (HOV) jalur untuk van dan carpools. The " Texas T", Sebuah inovasi awalnya diperkenalkan di Houston, adalah desain jalan yang memungkinkan kendaraan di jalur HOV, yang biasanya merupakan pusat jalur, untuk keluar langsung ke pusat-pusat transit atau masuk jalan bebas hambatan langsung ke jalur HOV tanpa melintasi beberapa jalur lalu lintas . Jangka waktu pintu masuk jalan bebas hambatan, yang mengatur penambahan mobil untuk jalan bebas hambatan, juga umum. Houston dan San Antonio memiliki jaringan yang luas dari kamera jalan bebas hambatan terkait dengan pusat kontrol angkutan untuk memantau dan mempelajari lalu lintas.

Salah satu ciri jalan raya Texas ini adalah yang jalan frontage (juga dikenal sebagai jalan layanan, jalan pengumpan, dan akses jalan). Texas adalah satu-satunya negara yang secara luas membangun jalan frontage / akses sepanjang jalan raya bahkan di daerah terpencil. [1] jalan Frontage menyediakan akses ke jalan bebas hambatan dari bisnis bersama, seperti SPBU dan toko ritel, dan sebaliknya. Di samping paling jalan raya bersama dengan jalan depan adalah dua sampai empat jalur di setiap arah sejajar dengan jalan bebas hambatan memungkinkan akses mudah ke jalan-jalan kota individu. Perubahan kebijakan TxDOT sekarang membatasi pembangunan jalan depan untuk jalan tol baru, tapi bagian depan yang ada akan tetap. Proyek lansekap baru dan larangan lama di billboard baru cara Houston telah mencoba untuk mengendalikan potensi efek samping dari kenyamanan.

Karakteristik umum lain ditemukan di dekat Texas layang adalah Texas U-turn yang merupakan jalur yang memungkinkan mobil bepergian di satu sisi dari satu arah depan jalan menuju U-turn ke jalan depan berlawanan (biasanya menyeberang atau di bawah jalan bebas hambatan atau jalan tol) tanpa dihentikan oleh lampu lalu lintas atau persimpangan lalu lintas jalan raya di kelas.

Kebanyakan jalan, seperti pedesaan dua jalur jalan, tol dibagi pedesaan dan Interstate, dan Interstate perkotaan yang diposting pada 75 mph (121 km / h), tetapi beberapa jalan raya pedesaan dan Interstate memiliki 80 batas mph (129 km / h) kecepatan, dan satu jalan tol, Texas State Highway 130 , memiliki batas kecepatan 85 mph (137 km / jam), tertinggi di Amerika Serikat.


sampah 



Pengelolaan limbah dari Texas, Inc (Limbah Manajemen) Austin Community TPA adalah TPA limbah padat perkotaan beroperasi di bawah peraturan dari Komisi Texas pada Kualitas Lingkungan (TCEQ) dan US Environmental Protection Agency (EPA).

TPA diizinkan untuk menerima rumah tangga tidak berbahaya, komersial, industri, dan limbah khusus, serta konstruksi dan pembongkaran puing-puing. TPA tidak menerima limbah berbahaya atau radioaktif.

Austin Community TPA saat ini menerima sekitar 2.000 ton sampah setiap hari, yang sebagian besar berasal dari warga Travis County dan bisnis.

Sekitar 1,8 juta orang tinggal di 10-county di Area Capital pada tahun 2009. Menurut data yang dikumpulkan oleh Komisi Texas pada Kualitas Lingkungan, setiap penduduk menghasilkan lebih dari 6,5 pon sampah setiap hari. Mengingat populasi Travis ini lebih dari 1 juta warga dan bisnis menghasilkan, rata-rata, hampir 3.500 ton sampah setiap hari.

Pemenang 2009Pengelolaan Sampah ini Austin TPA Komunitas terletak di Highway 290 Timur dan Giles Road. Terletak di pusat TPA, Manajemen Limbah TPA pabrik gas-ke-energi menghasilkan “hijau” daya, cukup untuk kekuatan 6.000 rumah.

Bekerja dengan tetangga dan kelompok-kelompok lingkungan, Penanganan Sampah telah mengembangkan Wildlife Habitat Taman , yang terletak di lepas Springdale Road.

Pengelolaan Limbah berusaha untuk menjadi tetangga yang baik dengan mengoperasikan fasilitas secara aman bagi lingkungan, berkomunikasi dengan tetangga, hosting pertemuan Rumah Terbuka, berpartisipasi dalam acara komunitas, dan mendukung sekolah-sekolah lokal dan kelompok-kelompok non-profit.




sumber 

http://austincommunitylandfill.wm.com/index.jsp

Total comment

Author

FSAproject

0   komentar

Cancel Reply